Budaya Gotong Royong di Desa Sumber Hadi Masih Terpelihara Dengan Baik

Pewarta : Imam Ginjo

LAMPUNG TIMUR, Lampung86.com – Gotong Royong merupaka budaya bangsa yang penting untuk terus di lestarikan. Meskipun pada dekade terakhir, budaya gotong royong mulai terkikis dan terdesak oleh sifat individualistas. 

Kades Sumber Hadi, Suprapto saat memimpin warganya bergotong royong diseputar pasar desa setempat mengatakan, budaya gotong royong memiliki nilai adiluhung yang perlu di lakukan pada setiap kesempatan. 

Makna gotong royong di Desa Sumber Hadi, lanjut Kades, dilakukan sebagai upaya menciptakan persatuan dan kesatuan masyarakat tanpa diembel embeli niat untuk mendapatkan sebuah penghargaan atau jasa.

“Upaya kerja keras dalam melakukan banyak hal termasuk melestarikan budaya gotong royong di masyarakat ini, tujuan utamanya adalah menciptakan persatuan dan kesatuan di semua lini kegiatan”, ujar Kades, Sabtu (16/11/2019).

Sifat gotong royong di daerah lain boleh saja berubah, kata Kades, namun, sifat dan perilaku gotong royong di Sumber Hadi masih cukup terpelihara. Hal itu terbukti dari berbagai kegiatan seperti  Siskamling, Sambatan, Kerja bhakti dan lain sebagainya.

“Desa yang sudah agak maju, biasanya sudah bercampur dengan banyak hal. Sehingga, nilai budaya gotong royong semakin terkikis. Tetapi, Desa Sumber Hadi membuktikan bahwa nilai-nilai itu masih dipegang teguh”, katanya.

Desa yang berkedudukan diwilayah administrasi Kecamatan Melinting, Kabupaten Lampung Timur, Lampung ini memiliki jumlah pos kamling hampir di tiap Rt dan dusun. Dengan penuh kesadaran akan pentingnya keamanan, setiap waktu warga bergiliran jaga malam.

Begitul halnya dengan fungsi perlindungan masyarakat (Linmas), disana masih terus exis dan dikerjakan. Setiap ada permasalahan ditingkat warga, budaya musyawarah mulai dari tingkat RT atau RW menjadi tempat untuk mendapatkan kata mufakat. 

Ketika sedang kerja bhakti, terlihat warganya gemar bergotong royong, ada yang menggali parit, menimbun area genangan air, ada juga yang meratakan tanah. Kades Suprapto pun tak pernah absen memimpin kegiatan.

Petugas Linmas dan seluruh perangkat desa pun terlibat dan turut andil pada tiap kegiatan, sehingga situasi Kantibmas terjaga, kegiatan ekonomi menggeliat maju, hubungan antar masyarakat pun terjalin dengan erat. 

Dengan dasar dan pondasi kekompakan masyarakat serta dukungan program-program pemerintah darrah dan pusat, Desa Sumber Hadi kini mulai tampak lebih maju. Sejumlah pembangunan pun terealisasi dengan baik dan lebih maksimal.

Editor : M. Choiri, S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *