Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung

Pewarta : Rado

MESUJI, Lampung86.com – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) hari ini resmikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung di Gerbang Tol Simpang Pematang KM. 240 Desa Mulya Agung, Simpang Pematang, Mesuji, Jumat (15/11/2019).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan Prasasti oleh Presiden Joko Widodo, dilanjutkan penyerahan Piagam Rekor Muri Indonesia sebagai jalan ruas tol terpanjang pertama yang di resmikan Presiden Jokwi

Dalam sambutannya, Presiden menjelaskan bahwa tol ruas Pematang Panggang sampai Kayu Agung sepanjang 189 kilo meter itu adalah jalan tol terpanjang yang ia resmikan, presiden berharap tol itu bisa disambung lagi mulai Kayu Agung, Palembang hingga Betung, Banyu Asin. 

“Keberadaan jalan tol ini untuk menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik dan memberikan fasilitas kepada sentra-sentra produksi yang ada,” ujar Presiden.

Selain itu, kata presiden juga untuk menciptakan lapangan pekerjaan. “Jalan tol bukan hanya di Pulau Jawa saja, tetapi juga di seluruh Indonesia dan Insya Allah tahun 2024 nanti, jalan tol sepanjang 2.700 kilo meter akan kita selesaikan”, tandasnya.

Senada presiden juga di sampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam laporannya. Menurut menteri, jalan tol trans Sumatera ruas tersebut merupakan ruas jalan tol terpanjang pertama yang diresmikan Presiden Joko Widodo. 

“Ini merupakan akses jalan yang menghubungkan Sumatra Selatan dan Lampung, rencana pengembangan baru yaitu Kayu Agung sampai Palembang dan peresmiannya direncanakan bulan Desember tahun 2019,” ungkap menteri

Pada ruas tersebut, lanjut menteri, terdapat tantangan yaitu masalah pembebasan lahan dan tegnologi tanah. “Kami rencanakan pembangunan jalan tol Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 90 kilo meter tanpa exit”, pungkasnya

Peresmian yang dihari sekitar 750 orang itu diakhiri dengan melakukan peninjauan lapangan langsung kejalan tol oleh Presiden RI Joko Widodo diikuti sejumlah rombongan yang terbatas.

Selain presiden dan menteri PUPR, hadir juga Mensekneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Komandan Paspampres, Ajudan, Gubernur Lampung, Sekertaris Militer Presiden, Deputi, Staf Khusus, Pangdam ll/Sriwijaya, Kapolda Lampung, Karo Protokol dan Asisten Ajudan Presiden

Editor : M. Choiri, S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *