Zaiful Bokhari, UDG Penting Guna Membina dan Membentuk karakter Generasi Muda

Sumber : Humas

LAMPUNG TIMUR, Lampung86.com – Utsawa Dharma Gita (UDG) ini penting di lakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter generasi muda. Demikian disampaikan Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari saat membuka UDG Tingkat Kabupaten di SMA Negeri 1 Pasir Sakti, Sabtu (09/11/2019). 

Menurut Zaiful, kegiatan itu menjadi penting, karena dalam sastranya terdapat nilai luhur ajaran agama yang bisa dijadikan pedoman untuk menghadapi kehidupan serta memperkuat empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, serta Cita-Cita Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Kegiatan utsawa dharma gita memang sangat perlu digelar mengingat di era globalisasi seperti saat ini terdapat berbagai isu dan ancaman yang patut di waspadai. Sehingga diperlukan penyamaan pemikiran dan tindakan dengan benteng ajaran agama yang kuat”, ujar Zaiful.

Semakin sering materi-materi positif disampaikan, lanjut Zaiful, akan semakin baik karakter dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada. “Kedepannya harus terus dilaksanakan, dan tidak berhenti hanya sekedar membaca, tetapi dipahami makna dan artinya, serta yang terpenting adalah diamalkan”, tandasnya.

Zaiful berharap peserta dapat menjunjung tinggi sportifitas selama mengikuti lomba, menjaga keamanan dan ketertiban dalam berlomba. “Saya berharap peserta dapat memberikan prestasi terbaik dalam even ini. Namun terpenting para peserta dapat menjunjung tinggi sportifitas selama mengikuti lomba” harapnya.

UDG merupakan lomba pemahaman keagamaan Umat Hindu terhadap Kitab Suci Weda. Adapun peserta lomba datang dari 9 kecamatan, yakni Raman Utara, Sukadana, Marga Tiga, Sekampung udik, Jepara, Bandar Sribhawono, Labuhan Maringgai, Pasir Sakti, dan kecamatan Waway Karya. 

Selain itu, ada juga lomba Sloka, yakni lomba membaca kitab Suci Weda dengan ritme, Pelawakya atau lomba membaca sambil menari, Dharma wacana atau lomba pidato bahasa indonesia dan bahasa inggris, lomba cerdas tangkas, kakawin, yakni lomba membaca dan menjelaskan makna, dan mocopat. 

Turut hadir pada acara tersebut, Asisten 1 Tarmizi, Kepala Kemenag Karwito, Kepala Bagian Hukum I Ketut Budiase, Kepala Bagian Bina Mental Sri Budiati, Camat Pasir Sakti Kabid SDA POL PP, Kepala SMA N 1 Pasir Sakti, Sekertaris Parisada kabupaten dan Ketua Parisada kecamatan serta para pemangku agama Hindu.

Editor : M. Choiri, S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *