Talk Show Interaktif, Wakapolda Lampung Kunjungi Mesuji

Pewarta : Rado

MESUJI, Lampung86.com – Wakil Kapolda Lampung, Brigjen Pol Drs. Sudarsono, SH,M.Hum kunjungi Kabupaten Mesuji gelar talk show/dialog interaktif dalam rangka cooling system pasca Pemilu 2019 diaula Rumdis, Simpang Pematang, Jumat (13/9/19).

Kegiatan bertema “Cipta kondisi situasi Kamtibmas yang kondusif pasca penetapan hasil Pemilu 2019 di Kabupaten Mesuji” ini di hadiri prserta sekitar 300 orang. Selain Plt Bupati Mesuji H.Saply TH dan jajaran, hadir juga Dandim, jajaran Polres Mesuji dan jajaran Polda Lampung.

Usai ucapkan terimakasih dan selamat datang, Plt Bupati Mesuji Saply TH mengupas asal usul dan berbagai potensi Kabupaten Mesuji yang terdiri atas beragam suku dan pelaksanaan pemilu yang kondusif hingga bentrok di Register 45 Mesuji.

Keharmonisan masyarakat Mesuji menurut Saply, seperti yang tergambar melalui semboyan daerah berbunyi “Bumi Ragab Begawe Caram”, yang mengandung arti Daerah yang dihuni oleh masyarakat damai dalam kebersamaan dan kegotong-royongan.

“Namun demikian, peristiwa yang cukup menyita perhatian nasional di Mesuji adalah peristiwa bentrok di Kawasan Register 45 yang melibatkan dua kelompok, hal ini dapat saya laporkan, bahwa kondisi kawasan Register 45 saat ini dalam situasi yang kondusif”, tegas Saply.

Kawasan Register 45, lanjut Saply, adalah tanah negara yang di usahakan ke PT seluas 43.100 hektare. Namun berdasar Keputusan Kemenhut RI Nomor 322/ Kpts-II/2004 luas areal kerja PT Silva Inhutani Lampung berkurang menjadi 42.762 hektar.

“Dengan luasan tersebut, di namika berkembang, setelah banyaknya saudara-saudara kita yang masuk di Kawasan Register 45. Konflik perebutan lahan terus berlangsung, dan terakhir terjadi peristiwa bentrok. Saya berharap kejadian tersebut terakhir dan tidak terulang lagi”, terangnya.

Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs. Sudarsono, SH, M. Hum memyatakan bahwa kehadiran dirinya di Mesuji pertama-tama adalah untuk menjalin tali silahturahmi serta pengenalan dirinya, karena belum lama menjabat.

“Saya ingin tahu langsung situasi wilayah di jajaran Polda Lampung. Dan dari kegiatan talk show ini, saya tahu situasi pasca Pemilu di Mesuji aman dan kondusif tak lepas peran TNI dan Polri yang sampai saat ini salud bekerjasama dan menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing”, ujarnya. 

Kedepan akan ada pelantikan Presiden terpilih, Wakapolda berharap tidak ada tindakan-tindakan yang merugikan diri maupun orang lain. “Saya berharap masyarakat berhati-hati dalam menyikapi kabar berita, karena tidak menutup kemungkinan adanya berita Hoax untuk mengganggu kamtibmas saat ini”, pungkasnya.

Editor : M. Choiri, S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *