Sesepuh Meninggal Dunia, Pasek Gelgel Batu Dinding Helat Ngaben Di Darma Agung

Pewarta : Niluh

LAMPUNG TENGAH, Lampung86.com – Salah satu sesepuh umat Hindu Lampung meninggal dunia, warga Pasek Gelgel Batu Dinding menggelar upacara ngaben di Desa Darma Agung, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (10/9/2019).

Salah satu sesepuh dari Pasek Gelgel Batu Dinding ini bernama Mangku Dwije. Ia adalah salah satu Mangku Dadiye Batu Dinding dan Mangku Puseh di Pura Darma Agung. Almarhum merupakan Jro Mangku ke 3 setelah Jro Mangku Penuwunan dan Jro Mangku Baskara.

Almarhum di angkat selaku Mangku pada tahun 1985 karena Jero Mangku kedua yaitu Jro Mangku Baskara naik gelar atau Melinggih menjadi Ida Panditha Mpu Paramanatha Yoga. Semasa hidup, ia tinggal di Desa Purwosari, Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur.

Jero Mangku Duije juga merupakan sisye pertama dari almarhum Ida Panditha Mpu Paramanatha Yoga. Ia wafat pada tanggal 03 September 2019 pukul 11.00 Eib dan di aben pada hari selasa tanggal 10 Agustus 2019 di Desa Darma Agung, Kecamatan Seputih Mataram. Kabupaten Lampung Tengah.

Proseri pengabenan di pimpin langsung oleh Ide Nabe Ida Pandhita Mpu Paramanatha Yogini, yaitu Mpu istri dan di iringi oleh Nanak dari Bali yang bergelar Ide Pandhita Mpu Sidhi Giri Nate.

Sebelum keberangkatan menuju proseri pengabenan, Made Anom selaku perwakilan keluarga Dadiye Mahagotra Pasek Gelgel Batu Dinding menyampaikan sedikit riwayat almarhum kepada para umat yang hadir.

Dalam penyampaianya, Made Anom mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh Jero mangku dan Krame Banjar beserta  seluruh umat atas keiklasan utk membantu dalam kelancaran prosesi ngaben.

Editor : M. Choiri, S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *