39 Desa Di Mesuji Deklarasi Open Defecation Free

Pewarta : Riken

MESUJI, Lampung86.com – Dinas Kesehatan Mesuji bersama 39 Desa Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan. Acara berlangsung di Taman Keanekaragaman Khayati Mesuji, Rabo (11/9/2019).

“Jangan sekadar sebagai seremoni, namun, butuh kerja keras camat, lurah/kades, dan semua pihak untuk mewujudkan Kabupaten Mesuji sehat, bersih, dan bebas dari buang air besar sembarangan”, ujar Plt Bupati Mesuji H. Saply, TH usai deklarasi ODF.

Deklarasi bertema Bersama Kita Wujudkan Kabupaten Mesuji Bebas Buang Air Besar Sembarangan menuju Kabupaten Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) itu juga disaksikan Bupati Saply, TH dan Jajaran Dinas Kesehatan Mesuji.

Dalam sambutannya, Saply mengatakan, sektor kesehatan menjadi salah satu faktor pembangunan. Semakin banyak warga yang bisa menjaga kesehatan, tentu akan meningkatkan SDM. ‘’Salah satunya dengan setop buang air besar sembarangan,’’ ujarnya. 

Dijelaskan Saply, kesehatan masyarakat suatu wilayah, meningkat atau menurun bisa dilihat melalui indikator kematian, kesakitan, status gizi dan umur harapan hidup. Suatu wilayah dapat di deskripsikan meningkat kesehatan masyarakatnya, bila tingkat mortalitas yang diwakili angka kematian ibu dan bayi, serta angka kematian akibat penyakit menurun. 

‘’Gerakan masyarakat hidup sehat agar terus digalakkan. Pemerintah Kabupaten Mesuji berkomitmen mewujudkan lndonesia Sehat seperti jamban sehat dan setop buang air besar sembarangan. Jadikan program tersebut sebagai pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,’’ pungkasnya.

Editor : M. Choiri, S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *